Tags

,


Jadi ceritanya saya sedang belajar ngurus kebun bareng beberapa petani di daerah Baros, Sukabumi. Gara-gara saya melihat Mang Akoh kerjanya ripuh saat proses penggemburan lahan yang memakai alat garpu biasa, saya jadi kepikiran untuk bikin alat garpu yang dimodifikasi. 

Maunya sih supaya proses penggemburan lahan bisa lebih efektif, serta menghemat waktu dan biaya. Setelah cari-cari info tentang alat manual tiller di internet, akhirnya dapet yang rada klop di YouTube. Saya coba bikin beberapa sketsa dengan berbagai penyesuaian dan modifikasi sederhana. 


Awalnya saya mulai dari ngoprek desain secara keseluruhan sampai ke ukuran rinci, mengingat rata-rata postur tubuh petani di Sukabumi yang pendek. Setelah dapet yang bentuknya enak, saya langsung coba bikin purwarupa 1 unit di bengkel Mang Kirman yg lokasinya dekat Jl. Dipatiukur. 

Barusan saja purwarupanya selesai & langsung saya coba bareng Pak Kasiman. Biar gampang diingat saya kasih nama Si Gembur v.01. Percobaan pertama lumayan sukses. Penggemburan lahan jadi lebih cepat & teu ripuh teuing. Selain itu cara penggunaannya juga gampang. Nggak sabar untuk langsung coba alat ini di kebun. Sugan we kepake sama Mang Akoh dkk.

Imam Bonjol, 27/06/2016

