Tags

,

24012016

Foto ini diambil pada Minggu, 24/01/16. Saya gembira sekali melihat tunas daun tanaman jahe merah yg ditanam oleh Mang Akoh & rekan2nya menyembul segar dari dalam tanah. Benihnya tumbuh berbarengan dengan tanaman cabe & jagung manis yg ditanam pada kurun waktu yg sama. Penentuan waktu tanamnya mengikuti arahan dari kolot lembur.

Fase ini adalah kelanjutan dari proses persiapan lahan & penanaman yg dilakukan oleh Mang Akoh bersama kelompoknya sejak pertengahan sampai akhir tahun lalu. Sekarang prosesnya sudah masuk kepada tahap perawatan. Selain perlu dijaga dari gangguan gulma & hama, benih yg sedang tumbuh juga perlu air & asupan pupuk (organik) yg cukup.

Saya agak khawatir dengan cuaca yg tidak menentu. Musim penghujan tahun ini datang agak terlambat. Berdasar informasi yg tersebar luas, tahun ini kita akan mengalami fenomena kekacauan cuaca sebagai dampak dari arus El Ninõ yg kondisinya diperkirakan bakal mirip seperti periode 1997-1998. Katanya tahun ini kita harus bersiap menghadapi bencana iklim yg parah.

Waktu saya ngalongok kebun pada bulan lalu, cuaca masih agak kering. Kata Mang Akoh hujan datang sesekali meski tidak terlalu besar. Awal bulan ini cuaca juga masih relatif kering & terik. Pada saat saya ulin ka kebon hari Minggu kemarin, awan mendung sudah mulai menggantung. Hujan turun dengan deras ketika saya pulang ke Bandung. Saya senang. Mang Akoh senang. Semua senang.

Untuk mengantisipasi kesulitan air di waktu mendatang, saya menyiapkan penampungan air. Selain itu, saya juga memberi tahu Mang Akoh untuk menyiapkan beberapa embung. Selain untuk menampung air, fungsinya sekaligus untuk wadah sampah organik. Mudah2an tahun ini kita bisa menghadapi kondisi iklim dengan baik.

Belakangan saya baru sadar kalau ada banyak sekali petani yg sangat tergantung pada kondisi alam. Kekacauan cuaca yg terjadi selama beberapa tahun terakhir membawa dampak yg kurang baik pada dunia pertanian. Di sisi lain, kebutuhan akan bahan pangan terus meningkat seiring dengan bertumbuhnya populasi. Beberapa waktu ke depan, tampaknya kita akan menghadapi tantangan yg luar biasa. Meski sudah agak telat, kita harus bersiap-siap.

Advertisements